Pentingnya Personal Branding untuk Menunjang Karir dan Pekerjaan

Digitalisasi merupakan era modern yang memudahkan orang untuk melakukan berbagai aktivitas menggunakan kecanggihan teknologi. Era digital mempengaruhi gaya hidup seseorang sehingga banyak hal mulai dilakukan lewat online saja. Banyak perusahaan besar melakukan branding untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Tak hanya berguna untuk perusahaan saja, Anda juga bisa meningkatkan personal branding demi menunjang karir dan pekerjaan lebih baik.

Apa itu personal branding?

Pengertian personal branding adalah sebuah cara untuk mempromosikan atau memasarkan diri sendiri secara individual. Branding diri sendiri sangat berkaitan dengan upaya membangun dan memperjuakan reputasi diri sendiri. Setidaknya Anda bisa meningkatkan imej diri sendiri menjadi lebih baik dimata orang lain baik calon pelanggan, klien, tim perusahaan dan lain-lain. Orang yang memiliki branding diri yang baik dipastikan bakal memiliki karir cemerlang. Kok bisa?

Pentingnya personal branding di era digital

Bagaimana bisa orang yang mengaplikasikan cara personal branding dengan baik bisa memiliki masa depan lebih cerah dibandingkan profesional lain? Ya, cara Anda yang unik dan berbeda dibandingkan ribuan hingga jutaan profesional lain bisa membuat banyak perusahaan atau klien melirik Anda. Setidaknya Anda bisa menonjolkan kelebihan yang dimiliki dibandingkan orang lain yang memiliki keahlian atau kemampuan sama.

Sebagian orang menganggap bahwa personal branding tidak begitu penting. Kegiatan branding pada diri sendiri bisa saja membuat Anda menghabiskan banyak waktu untuk melakukan sebuah promosi atau sistem pemasaran yang mendukung. Padahal, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mau menghabiskan banyak waktu untuk menciptakan branding diri yang baik.

Alasan personal branding di era digital sangat penting antara lain bisa meyakinkan audience untuk memakai jasa atau membeli produk yang Anda tawarkan, mendapatkan kesempatan bekerja lebih baik sesuai representasi online serta bisa meningkatkan kerja sama dengan pihak lain. Kerja sama dengan para investor atau klien tentu bisa mendukung kemajuan usaha atau karir Anda. Para investor  atau klien jelas akan mempertimbangkan kandidat yang memiliki kehadiran online cukup kuat.

Dewasa ini, semua orang melakukan berbagai aktivitas baik sistem jual beli, merekrut karyawan hingga melakukan proyek potensial dengan cara online. Jangan sampai Anda menghiraukan personal branding sehingga kehilangan peluang bisnis atau kesempatan berkarir lebih baik lagi. Aplikasikan cara membangun branding diri sendiri yang baik dengan memilih media online positif.

Contoh aktivitas yang membangun personal branding di era digital

Ada banyak kegiatan atau aktivitas di dunia online yang bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk menciptakan personal branding yang baik. Apa saja aktivitas yang bisa membangun reputasi diri secara maksimal? Anda bisa memanfaatkan berbagai media khususnya sosial media. Saat ini, sosial media menjadi tren yang digemari masyarakat Millenial.

Anda bisa membuat akun di Linkedln, membuat akun Facebook/Twiter/Instagram serta bisa memanfaatkan berbagai platform menarik. Kalau Anda suka kreasi visual yang lebih banyak digandrungi, bisa mulai mempertimbangkan pembuatan konten menarik di akun Youtube. Buat profesional yang menyukai dunia tulis menulis, membuat blog pribadi bisa meningkatkan reputasi diri sendiri. Anda yang memiliki bisnis juga harus mengembangkan potensi menambah jaringan lewat platform online. Jika Anda ingin memaksimalkan media sosial, sebaiknya selalu integrasikan sosial media Anda dengan website. Bagi pebisnis yang masih memulai usaha lewat media online, cara ini sangat ampuh untuk bisa meningkatkan kunjungan ke website toko. Tak hanya bisa meningkatkan traffic saja, upaya branding Anda juga bisa meningkatkan peluang closing transaksi dengan pelanggan. Reputasi yang kuat juga akan mempermudah Anda bekerja sama dengan selebgram atau influencer yang memiliki jaringan pengikut lebih luas.

5 cara membangun personal branding yang baik

Jika Anda memang memilih untuk melakukan upaya branding diri melalui media online yang dinilai paling efektif, sebaiknya ketahui 5 cara membangun personal branding lewat sosial media berikut ini.

  1. Menuliskan profil diri sendiri dengan baik
    Langkah pertama agar personal branding yang Anda inginkan tercapai adalah menuliskan profil diri sendiri dengan baik. Anda bisa memaksimalkan penggunaan sosial media sesuai dengan model platform yang Anda pilih. Misalnya Anda ingin memaksimalkan Facebook, Twitter atau Instagram, wajib mendeskripsikan diri di laman atau bio yang tertera.
    Kalau Anda menggunakan jenis platform lebih formal seperti Linkedln, sebaiknya Anda menggunakan bahasa yang sesuai dengan EBI. Cara Anda mengikuti sistem atau ketentuan media sosial akan membantu menunjukkan profesionalitas diri sendiri lho!
  2. Memaksimalkan media sosial untuk memperluas jaringan
    Kalau Anda ingin mengenalkan diri sendiri dan memperkuat citra sebagai profesional, sebaiknya maksimalkan sosial media tak hanya sekadar untuk mengunggah foto biasa. Anda bisa menggunakan sosial media untuk memperluas jaringan dengan cara membagi ide, berkolaborasi kreasi hingga menemukan rekan bisnis yang tepat. Anda bisa membangun komunitas melalui media sosial.
  3. Membuat konten yang memiliki mutu
    Cara agar personal branding yang Anda lakukan bisa berhasil di media sosial adalah memastikan konten yang diunggah berkualitas. Anda mulai menulis konten yang tengah tren dibandingkan menulis status galau yang tidak berfaedah.
    Kalau memang memiliki kemampuan menulis yang minim, Anda bisa memulai langkah memperkuat branding dengan menyebarkan berita berkualitas dan terpercaya. Hindari menyebarkan hoak atau fitnah yang bisa menurunkan kredibilitas Anda sendiri. Siapa yang bakal mengikuti seorang profesional yang masih tidak bisa membedakan informasi terpercaya, bukan?
  4. Memiliki etika yang baik
    Hal paling penting agar Anda memiliki banyak teman atau relasi lewat sosial media adalah komunikasi. Komunikasi yang baik harus diiringi dengan etika yang baik pula. Meskipun Anda hanya berinteraksi menggunakan sosial media saja, etika seperti ucapan sopan santun, kata sapaan dan bahasa yang bagus akan mendukung komunikasi yang berkualitas. Anda bisa membuat lawan bicara langsung jatuh hati dari sisi personality saja.
  5. Memanfaatkan media sosial sesuai fungsi
    Ada banyak jenis media sosial yang bisa Anda gunakan sebagai personal branding yang bisa meningkatkan kemajuan karir. Anda bisa memiliki beberapa atau semua jenis media sosial. Ada baiknya ketahui karakteristik dan fungsi dari sosial media tersebut agar Anda bisa memaksimalkannya dengan baik.
    Misalnya Anda ingin memaksimalkan Instagram, sebaiknya buat unggahan berupa foto atau video yang mendukung. Jika ingin memanfaatkan twitter, Anda harus tahu bagaimana cara menggunakan hastag, tweet bukan spam, retweet dan memaksimalkan kata sebab Twitter membatasi kicauan 160 karakter saja. Begitu pula dengan jenis media sosial lain seperti Facebook, Path dan lain-lain. Selain media sosial, Anda juga bisa menerapkan cara membangun personal branding pada website atau blog pribadi.

Coba terapkan cara membangun personal branding melalui media sosial di atas ya! Setidaknya Anda bisa memiliki kesempatan menguatkan pondasi dan reputasi diri sesuai keahlian. Siapa tahu Anda bakal memiliki karir dan masa depan lebih prospektif nanti baik pekerjaa atau bisnis yang bakal Anda rintis! Yuk, ciptakan kesan positif pada pribadi sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *