Panduan Melamar Pekerjaan Secara Online Melalui Email

Melamar pekerjaan menggunakan surat lamaran dalam amplop tertutup mungkin terdengar ketinggalan jaman. Kemajuan teknologi membuat banyak orang atau perusahaan membuka lowongan pekerjaa dengan cara yang lebih praktis. Tak perlu bersusah payah menulis surat lamaran, melampirkan banyak dokumen hingga mengeluarkan uang untuk mengirimkan surat lamaran via pos. Anda bisa mencoba cara melamar pekerjaan melalui email secara online yang tak kalah efektif.

Banyak perusahaan yang membuka lowongan dan menerima lamaran pekerjaan via online. Pihak HRD akan menghubungi pengirim email untuk mengikuti tahap wawancara selanjutnya. Cara melamar pekerjaan melalui email tak hanya bisa Anda terapkan untuk satu perusahaan saja sebab Anda tinggal mengirim ulang ke perusahaan lain yang membuka lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian. Lebih gampang dan tidak mengeluarkan banyak uang, bukan?

Dokumen yang Perlu Dipersiapkan

Tak perlu membuang waktu untuk menulis surat lamaran di halaman word sebab Anda bisa langsung menulis di badan email. Application letter yag ditulis di body email bisa memudahkan tim HRD dalam menyeleksi karyawan. Dengan membaca surat yang Anda tulis di body email membuat tim tak perlu membuang waktu untuk mengunduh berkas lampiran Anda. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa dokumen pendukung yang dibutuhkan dalam praktik cara melamar pekerjaan melalui email secara online.
Ada beberapa dokumen yang harus benar-benar Anda persiapkan agar memberikan peluang diterima bekerja di perusahaan tujuan. Berikut beberapa lampiran dokumen yang tetap harus Anda lampirkan sama seperti melampirkan pada surat lamaran konvensional.

a. Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup

Curriculum Vitae atau Daftar riwayat hidup atau resume merupakan lembar penting yang harus tetap Anda lampirkan meski cara melamar pekerjaan melalui email lebih berkesan semi formal. Isi dari daftar riwayat hidup merupakan informasi lengkap tentang diri sang pelamar antara lain nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, alamat email, nomor ponsel dan lain-lain. Anda juga harus memberikan informasi mengenai riwayat pendidikan, keahlian atau pengalaman bekerja yang mendukung sesuai jenis pekerjaan.

b. Pas Foto Terbaru

Sebaiknya lampirkan pas foto terbaru dalam bentuk file Jpg atau Jpeg. Pelampiran foto opsional tergantung permintaan pemberi lowongan pekerjaan. Bisa jadi syarat foto yang dilampirkan close up atau seluruh tubuh.

c. Scan KTP

Kartu Tanda Penduduk (KTP) salahsatu dokumen penting yang wajib juga Anda siapkan, sebagai pendukung data riwayat hidup Anda. Selain itu biasanya KTP elektronik yang masih berlaku perlu juga Anda bawa sebagai bukti identitas diri jika Anda dipanggil untuk tahapan kerja selanjutnya.

d. Ijazah dan Transkrip Nilai

Apapun tingkat penidikan Anda, Anda juga perlu melampirkan ijazah dan transkrip nilai terbaru Anda. Sesuaikan dengan kualifikasi yang diminta oleh perusahaan Anda. Bisa jadi Anda lulusan S2, namun perusahaan meminta kualifikasi lulusan S1. Sebaiknya Anda masukan saja Ijazah S1 Anda, namun Anda tetap bisa mencantumkan riwayat Pendidikan Anda di Curriculum Vitae Anda.

e. Lampiran Dokumen Pendukung

Jika jenis pekerjaan yang Anda lamar memang membutuhkan spesifikasi atau keahlian tertentu, Anda wajib melampirkan dokumen pendukung seperti surat keterangan mengikuti uji kompetensi dan lain-lain. Sebaiknya Anda membatasi dokumen pendukung yang dilampirkan. Pilih dokumen yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar dan yang bisa meningkatkan personal branding Anda secara maksimal.

Contoh dokumen yang bisa lampiran dalam melamar pekerjaan melalui email misalnya SKCK, Sertifikat skor TOEFL/TOEIC/IELTS, Sertifikat mengikuti seminar internasional, sertifikat juara lomba dan dokumen lain yang mendukung dan relevan dengan lowongan pekerjaan yang Anda tuju.

Jika semua dokumen yang Anda butuhkan sudah lengkap, bisa segera mencoba cara melamar pekerjaan melalui email yang mudah dan praktis. Tapi, sudahkah Anda bisa membuat application letter yang bagus? Berikut contoh membuat surat lamaran yang bagus dan otomatis meningkatkan kepercayaan tim HRD sebelum mengunduh semua lampiran yang Anda berikan.

Cara Melamar Pekerjaan melalui Email

Cara melamar pekerjaan melalui email sangat mudah sebab Anda tidak perlu ribet mengurusi semua dokumen yang perlu dimasukkan amplop.

Untuk dapat melamar pekerjaan melalui email secara tepat, pastikan Anda telah memiliki alamat email perusahaan yang resmi dan memang digunakan untuk menerima lamaran kerja. Email resmi perusahaan ini biasanya dikelola langsung oleh bagian HRD.

Setelah Anda memastikan alamat email yang digunakan adalah benar, selanjutnya Anda tinggal menulis email dan menyiapkan dokumen lamaran kerja yang dibutuhkan.

a. Menulis Judul/Subject Email

Subject email atau judul email merupakan bagian awal yang akan terbaca oleh penerima email. Beberapa perusahaan biasanya memberikan petunjuk penulisan khusus untuk Subject email. Petunjuknya misalnya penggunaan kode lowongan kerja atau dengan mencantumkan jurusan dan asal kampus.

Jika perusahaan yang Anda tuju tidak memberikan petunjuk khusus, Anda bisa menuliskan saja subject yaitu lamaran kerja + posisi yang Anda tuju. Dengan demikian penerima email akan langsung memahami isi email Anda dari judul tersebut.

b. Menulis Cover Letter Email

Sebagaimana lamaran kerja pada umumnya, Anda perlu juga menulis surat lamaran kerja pada Email Anda. Surat lamaran ini biasanya dikenal dengan email cover letter yang akan Anda tulis pada body email. Anda hanya perlu tahu tata cara menulis email covel letter yang menjual daya tarik Anda. Berikut contoh email covel letter yang bisa Anda tulis di body email:

Contoh Cover Letter Email Bahasa Indonesia

Yth. Pimpinan Human Resources Development
CV. Kurnia Makmur
di Ponorogo

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya terima dari iklan media cetak, saya berniat melamar pekerjaan di tempat Bapak/Ibu sebagai staf accounting. Berikut informasi singkat mengenai diri pribadi saya.

Nama : Hatake Kakashi
Tempat dan tanggal lahir : Jakarta, 15 September 1988
Alamat : Jalan Sambirobyong nomor 15, Purbosuman, Ponorogo, Jawa Timur 63400
Pendidikan terakhi : S1 Akuntansi
Nomor telepon : 0856 7789 0987

Saya mampu berkomunikasi menggunakan bahasa inggris aktif, mengoperasikan sistem komputer dan mampu bekerja sama dengan tim. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan dokumen pendukung.

Saya mampu berkomunikasi menggunakan bahasa inggris aktif, mengoperasikan sistem komputer dan mampu bekerja sama dengan tim. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan dokumen pendukung.

  • Daftar riwayat hidup
  • Pas foto terbaru
  • Scan KTP
  • Scan SKCK
  • Scan ijazah terakhir
  • Scan surat keterangan magang dan mengikuti kompetensi akuntansi

Besar harapan saya, Bapak/Ibu mau mempertimbangkan saya untuk bergabung dalam staf accounting CV. Kurnia Makmur. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya
Hatake Kakashi

Apakah Surat Lamaran Kerja perlu dilampirkan? Jika memang lowongan kerja yang anda tuju mensyaratkan pembuatan surat lamaran kerja terpisah, maka Anda harus mempersiapkannya juga. Anda bisa juga tidak melampirkannya jika memang tidak diminta, karena cover letter email sudah mewakili fungsi surat lamaran kerja tersebut. Menulis surat lamaran kerja lewat body email bermanfaat agar surat lamaran Anda langsung terbaca oleh penerima yang membuka email dari Anda. Selain itu, ini bertujuan agar email yang Anda kirimkan tidak masuk dalam kolom spam.

c. Melampirkan Dokumen Penting

Pada bagian sebelumnya Anda telah memperdikan berbagai dokumen penting sesuai persyaratan lamaran kerja. Dokumen tersebut misalnya Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup, Scan KTP, Ijazah dan Transkrip Nilai, Sertifikat dan lainnya.

Pastikan Anda telah membuat file digital dari dokumen tersebut. Jenis format file digital yang umum digunakan misalnya file Gambar JPEG atau file PDF. Anda bisa sesuaikan dengan persyaratan yang diminta oleh perusahaan.

Hal yang perlu Anda Perhatikan

Tak hanya menulis surat lamaran kerja dan melampirkan dokumen penting saja, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum memutuskan untuk mencoba cara melamar pekerjaan melalui email.

a. Menulis subject email yang menarik

Hal pertama yang bisa membuat perekrut melirik Anda adalah mencantumkan subject atau judul email yang menarik. Pada kolom subject, Anda harus menuliskan judul sesuai dengan permintaan perekrut. Jika perekrut tidak mencantumkan syarat ini, Anda bisa menulis judul lamaran pekerjaan untuk posisi yang dibutuhkan. Hal ini bisa mempermudah tim HRD melakukan filter email. Pasti ada banyak pelamar lain di luar sana yang ingin mendapatkan posisi yang Anda incar saat ini.

b. Menulis menggunakan bahasa sopan

Ada beberapa perusahaan yang menuntut pelamar menggunakan bahasa formal atau sesuai EYD sebagai nilai tambahan. Namun, banyak pula orang yang mencari pekerja yang lebih santai. Biasanya orang yang menggunakan bahasa terlalu formal dianggap memiliki pribadi terlalu kaku. Anda bisa menyiasati hal ini dengan menggabungkan bahasa formal dan kasual yang sesuai sopan santun.

c. Menulis surat lamaran secara spesifik

Agar perekrut bisa lebih mudah mempertimbangkan Anda adalah menulis informasi secara spesifik dalam application letter. Misalnya Anda memiliki pengalaman di bidang yang dibutuhkan bertahun-tahun atau seorang fresh graduate. Cara melamar pekerjaan melalui email bisa mempermudah tim HRD melakukan seleksi kok.

d. Perhatikan jenis dan ukuran lampiran

Melampirkan dokumen sebaiknya menggunakan resolusi yang sedang saja. Resolusi terlalu kecil bisa membuat informasi yang Anda lampirkan tidak terbaca baik foto atau scan lampiran. Begitu pula sebaliknya, resolusi yang terlalu besar bisa saja membuat perekrut kesulitan dan butuh waktu lama untuk mengunduh semua dokumen Anda. Perhatikan pula jenis file sesuai permintaan perekrut misalnya dalam bentuk PDF, doc, Jpeg dan lain-lain.

e. Hati-hati Lowongan Kerja Palsu

Tidak semua informasi lowongan kerja yang tersedia di internet itu benar adanya, walaupun terlihat seperti asli. Bisa jadi nama perusahaannya asli dan bonafid, namun ada oknum tertentu yang memanfaatkan dengan membuat info lowongan kerja palsu. Ada baiknya Anda crosscek terlebih dahulu informasi lowongan di perusahaan yang Anda tuju.

Nah, sudahkah Anda memiliki rencana masa depan yang baik? Anda bisa mempertimbangkan berbagai hal dalam mengaplikasikan cara melamar pekerjaan melalui email. Lebih praktis dan tidak mengeluarkan banyak biaya tambahan, kenapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *