Contoh Curriculum Vitae Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Curriculum Vitae Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Setelah lulus sekolah, maka kegiatan yang kita lakukan adalah mencari pekerjaan. Ini adalah kegiatan yang wajib dilakukan karena selain untuk menimba ilmu, tujuan sebagian besar orang bersekolah adalah untuk mendapatkan ijazah untuk memudahkan mencari pekerjaan. Ilmu yang kita dapatkan di sekolah harus kita aplikasikan dengan bekerja.

Sebelum mulai mendapatkan pekerjaan, biasanya kita melamar pekerjaan terlebih dulu di perusahaan yang memang membutuhkan keahlian kita. Membuat Curriculum Vitae dan surat lamaran kerja adalah penting sebagai salahsatu syarat dokumen untuk melamar pekerjaan. Dalam artikel ini akan kita bahas bagaimana membuat curriculum vitae yang baik dan benar.

Seberapa Pentingkah Curriculum Vitae lamaran kerja?

Pembuatan surat lamaran kerja ini menjadi hal yang wajib kita lakukan. Surat ini dijadikan sebagai alat untuk memulai langkah kita untuk terjun di dunia kerja. Bisa dikatakan juga sebagai buah tangan untuk mengetuk pintu perusahan yang sedang membuka lowongan kerja. Apalagi kita yang masih fresh graduate pastinya akan deg-degan ataupun ketakutan untuk memulai. Pembuatan surat lamaran kerja ini menjadi penawarnya. Di mana kita bisa tidak secara langsung

Mengantarkan surat lamaran kerja ke perusahaan tujuan, melainkan bisa dengan mengirimnya via pos. Kapan saja bisa kita lakukan dengan mengirimnya via pos. Semuanya tergantung permintaan dari perusahaan yang membuat lamaran kerja.

Pengiriman surat lamaran kerja ini bisa menjadi ajang persiapan kita saat nantinya ada panggilan wawancara sebagai tahap seleksi. Sama juga dengan pengantaran surat lamaran kerja secara langsung, kita pun tidak perlu gugup, karena kita tidak akan langsung diwawancarai. Biasanya hanya mengantarkan surat saja dan akan dihubungi nantinya jika mengikuti tahap seleksi wawancara.

Baik pengiriman atau pengantaran secara langsung, kita harus menyusun surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Di mana salah satunya adalah dengan mencari contoh curriculum vitae lamaran kerja yang baik dan benar.

Curriculum Vitae / Riwayat Hidup

Kita biasa menyebutnya sebagai “daftar riwayat hidup”, karena istilah itulah yang memang banyak pertama kali diketahui. Sedangkan untuk “Curriculum Vitae” hanya dikenal oleh beberapa kalangan saja. Masyarakat awam masih jarang yang tahu tentang istilah ini.

Tetapi sebenarnya masyarakat sudah paham dengan Curriculum Vitae ini melalui contoh-contoh curriculum vitae lamaran kerja. Kebanyakan mereka menggunakan singkatannya, yakni CV. Ada yang sering mendengar kata CV tetapi belum tahu apa itu CV.

Untuk itulah sebelum menyusun surat lamaran kerja kita harus memahami apa itu Curriculum Vitae. Sangat merugi jika kita belum paham apa itu CV karena keberadaanya sangat penting dalam menyusun surat lamaran kerja. Ada surat lamaran kerja selalu ada CV.

Curriculum Vitae ini akan disertakan dalam surat lamaran kerja. Setelah menyusun surat lamaran kerja, maka tahap selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menyusun Curriculum Vitae atau CV.

CV ini akan mendukung isi dari surat lamaran kerja. Di mana CV akan berisi tentang biodata diri kita secara detail. Didalamnya berisi nama, alamat, nomor kontak, riwayat pendidikan, riwayat kerja (bagi kita yang memiliki pengalaman kerja), dan lain sebagainya.

Berikut adalah detail isi dari CV yang harus tercantum :

a. Nama

Dalam hal ini, nama yang dicantumkan dalam CV adalah nama lengkap. Sama seperti yang kita tuliskan dalam surat lamaran kerja.

b. Tempat Tanggal Lahir

Dalam setiap contoh curriculum vitae lamaran kerja pun akan kita jumpai point ini setelah penulisan nama. Dengan menuliskan tanggal lahir, maka pihak perusahaan bisa mengetahui usia kita. Apakah sudah sesuai dengan kualifikasi atau belum. Di halaman surat lamaran kerja sebelumnya sebenarnya sudah tertera, tetapi dipertegas kembali di halaman CV. Namun ada juga versi penulisan surat lamaran yang hanya menuliskan usia, kemudian tanggal lahir dituliskan di CV.

c. Alamat

Lokasi dari tempat tinggal kita ini adalah untuk menyesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Di mana ada pekerjaan yang membutuhkan karyawan dalam kota saja. Cantumkan alamat lengkap kita untuk kedetailan data diri di CV.

d. Kontak

Dalam hal ini, kontak bukan hanya nomer telepon saja, melainkan bisa ditambah dengan alamat email. Jelas sangat dibutuhkan, apalagi kalau lowongan kerja yang kita tuju adalah pekerjaan kantoran. Pada contoh-contoh curriculum vitae lamaran kerja yang ada, kebanyakan juga mencantumkan alamat email. Ini menunjukkan juga kualifikasi kita yang mampu menguasai perkembangan teknologi internet, karena email adalah surat elektronik yang mendunia.

e. Status

Sesuai dengan item kualifikasi yang sering menyebutkan status lajang. Untuk itulah di CV, kita harus menuliskan status kita yang akan dipertegas dengan lampiran fotokopi KTP.

f. Agama atau kepercayaan

Keyakinan yang dianut tidak menjadi patokan diterima atau tidaknya dalam bekerja, kecuali memang di dalam kriteria kualifikasi memang disebutkan peraturan khusus misalnya “untuk yang berhijab, bisa membaca Al Qur’an, dll”.

g. Riwayat pendidikan.

Pada contoh curriculum vitae lamaran kerja pun juga mengharuskan kita mencantumkan riwayat pendidikan untuk mengetahui jenjang pendidikan yang pernah kita lalui. Selain itu juga melihat kualitas sekolahan yang pernah ditempati. Apalagi jika dia harus daerah ada beberapa sekolah yang memang sudah diakui standar nasional atau yang lainnya, kebanyakan lulusannya memang bagus.

h. Prestasi

Ini juga bisa menjadi daya tarik surat lamaran kerja kita. Apa saja prestasi yang pernah kita dapatkan, bisa kita cantumkan di CV. Apalagi jika prestasi kita ada kaitannya dengan posisi pekerjaan yang akan kita lamar, maka pihak perusahaan akan sangat tertarik untuk mempekerjakan kota.

i. Pengalaman kerja

Item ini tidak berlaku bagi fresh graduate, karena kebanyakan memang belum pernah bekerja. Namun sangat penting untuk dicantumkan di CV kita yang pernah bekerja sebelumnya. Item ini keberadaannya sangatlah penting dan akan mendukung kualitas surat lamaran kerja kita. Di mana bagi yang sudah berpengalaman bekerja di bidang yang dibutuhkan, khususnya, akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima. Jika mencantumkan pengalaman kerja ini, maka kita harus melampirkan surat keterangan pernah bekerja dari perusahaan yang sebelumnya.

Penggunaan contoh curriculum vitae lamaran kerja sangat kita perlukan dalam penyusunan CV. Tujuannya adalah untuk menghasilkan CV yang berkualitas. Selain itu juga untuk mendukung kualitas surat lamaran kerja yang kita butuhkan.

Kekuatan dari CV ini pun bukan hanya sekedar kita tuliskan saja. Untuk item data diri pribadi, meliputi nama, alamat, tempat tanggal lahir, status, agama, harus dibuktikan dengan melampirkan fotokopi data diri, seperti fotokopi KTP atau SIM. Hal ini berlaku untuk semua contoh curriculum vitae lamaran kerja.

CV adalah gambaran diri kita secara umum atau secara sekilas saat akan melamar pekerjaan. Pihak HRD atau perusahaan bisa mengenal kita dengan pengajuan surat lamaran kerja ini yang sudah dilengkapi dengan CV.

Jika sudah lolos seleksi, maka akan dipanggil untuk melakukan wawancara atau lebih tepatnya melakukan verifikasi data saat bertatap muka. Pastikan bahwa isi surat lamaran kerja beserta dengan CV yang kita ajukan sebelumnya adalah benar.

Contoh-contoh Curriculum Vitae Lamaran Kerja

Berikut beberapa contoh curriculum vitae lamaran kerja yang bisa kita jadikan bahan referensi saat akan membuat surat lamaran kerja :

a. Contoh curriculum vitae lamaran kerja 1

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI
 
Nama Lengkap                                : Ardiana Devi Nurmaida
Tempat, Tanggal Lahir : Madiun, 25 Oktober 1991

Jenis Kelamin : perempuan

Alamat Lengkap : Jl. Pemudi, 001/004 Desa Taman, Kecamatan Baru, Purwakarta
Nomor Telepon : 085333333330

Kewarganegaraan : Indonesia
Status : lajang
Agama : Islam
alamat email : ardiana@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL
1998 – 2001 : SD N 2 Taman
2001 – 2004 : SMP N 1 Taman
2004 – 2007 : SMA N 1 Purwakarta lulus jurusan IPA
2007 – 2014 : Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris di IKIP Purwakarta

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sesungguhnya.

Hormat saya,

 Ardiana Devi Nurmaida

b. Contoh curriculum vitae lamaran kerja 2

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI
 Nama Lengkap : Ardiana Devi Nurmaida
Tempat, Tanggal Lahir : Madiun, 25 Oktober 1991

Jenis Kelamin : perempuan

Alamat Lengkap : Jl. Pemudi, 001/004 Desa Taman, Kecamatan Baru, Purwakarta
Nomor Telepon : 085333333330

Kewarganegaraan : Indonesia
Status : lajang
Agama : Islam
alamat email : ardiana@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL
1998 – 2001 : SD N 2 Taman
2001 – 2004 : SMP N 1 Taman
2004 – 2007 : SMA N 1 Purwakarta lulus jurusan IPA
2007 – 2014 : Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris di IKIP Purwakarta

PENGALAMAN KERJA

  • Bekerja di PT. Asia Raya Purwakarta sebagai Front Officer Januari 2009 – September 2010
  • Bekerja sebagai tutor di Bimbel Mekar Purwakarta Nopember 2010 – Februari 2015
  • Penyiar Radio Anjani Januari 2011- Desember 2016

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini.  Saya buat dengan sesungguhnya.

Hormat saya,

 
Ardiana Devi Nurmaida

Perbedaan antara contoh curriculum vitae lamaran kerja 1 dan 2 terletak pada pengalaman kerja. Pada contoh pertama, adalah contoh untuk fresh graduate. Sedangkan untuk contoh kedua adalah untuk yang pernah memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Keduanya adalah format yang benar, tinggal kita memilih yang mana.

Untuk mendapatkan referensi lebih banyak lagi, kita bisa membiasakan diri dengan membaca lebih banyak contohh-contoh curriculum vitae lamaran kerja. Walaupun kini sudah ada aplikasi khusus untuk membuat CV atau bahkan kita bisa pesan di jasa khusus membuat CV, tetapi sangat penting bagi kita untuk mampu menyusun CV sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *