Cara Fresh graduate mudah mendapatkan pekerjaan

Sebagai seorang fresh graduate, mendapatkan pekerjaan setelah atau bahkan sebelum wisuda merupakan impian yang sangat diidamkan. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut dengan mudah. Berikut cara yang bisa kamu terapkan sebagai seorang fresh graduate

  1. Kenali Potensi Diri Anda

Belajar selama 4 tahun juga belum tentu membuat orang otomatis mengetahui keinginan dan kemampuan yang sebenarnya. Oleh sebab itu, cari tahulah apa yang menjadi kegemaran Anda dan keahlian yang sesungguhnya alias bakat terpendam. Alangkah bahagianya jika sebuah kegemaran bisa dijadikan sebagai ladang penghasil uang.

Tentu, pekerjaan itu tidak harus yang benar-benar berhubungan dengan mata kuliah Anda dulu. Langkah yang harus Anda lakukan adalah menulis potensi apa saja yang Anda miliki. Jangan langsung menilai bahwa potensi tersebut sangat rendah kualitasnya. Tulislah dulu semuanya lalu pilihlah mana yang layak untuk dijadikan pekerjaan. Setelah itu, pilihlah skill yang memberikan gaji paling besar.

  • Sertakan semua pengalaman kerja atau berorganisasi di dalam CV

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu memasukkan seluruh pengalaman kerja atau magang ke dalam CV. Jika kamu mampu menceritakan pengalaman tersebut, tentu akan menjadikanmu kandidat yang mengesankan di mata pewawancara.

Namun, jangan menyunting CV secara berlebihan. Hal tersebut justru akan membuat perusahaan merasa ragu. Terlebih jika kamu tak mampu menjelaskannya dengan baik saat proses wawancara.

  • Perluas networking

Cara terbaik untuk mengembangkan karier fresh graduate adalah dengan membangun networking. Jika kamu memiliki networking yang luas, peluang untuk mendapatkan pekerjaan secepat mungkin tentu akan menjadi semakin besar.

Bergabunglah dengan berbagai komunitas di perguruan tinggimu. Ini merupakan salah satu cara terbaik agar mendapatkan networking yang luas.

Kemudian, jangan takut untuk meminta tolong kepada seseorang di lingkungan tersebut untuk mengenalkanmu dengan seseorang yang mereka kenal. Dalam bisnis, kebanyakan orang akan senang jika dapat menghubungkan seseorang dengan yang lainnya.

  • Manfaatkan media sosial

Saat ini hampir seluruh perusahaan memanfaatkan media sosial dan melihat calon pekerjanya di media sosial. Jadi, bersikap bijak dan berhati-hatilah saat menggunakan media sosial.

Sebab, hal tersebut akan menjadi salah satu nilai penting di mata perusahaan sebagai bahan pertimbangan. Kemudian, buat juga profil yang kuat dan baik di LinkedIn sebagai nilai tambah kamu saat mencari pekerjaan.

  • Bersikap strategis tentang pekerjaan pertama kamu

Pekerjaan pertamu nantinya dapat menjadi salah satu sarana untuk kamu mencapai tujuan kariermu ke depannya. Jika kamu tidak yakin bahwa pekerjaanmu ini berhubungan dengan gelarmu, kamu tidak perlu khawatir.

Eksplor pekerjaan pertama dapat membantu kamu lebih memahami minatmu ke depannya. Jadikan pekerjaan pertama ini sebagai pengalaman yang bagus untuk membangun kariermu nantinya.

  • Memilih Boleh, Tapi Jangan Terlalu Jadi Pemilih

Anda bebas memilih di mana ingin bekerja dan bebas menentukan pekerjaan apa yang ingin didapatkan. Akan tetapi, jangan sampai Anda menutup diri untuk kesempatan yang mungkin lebih besar dari yang dipilih.

Lamarlah beberapa pekerjaan dari beberapa perusahaan. Anda bisa menjadikan lainnya sebagai alternatif cadangan Anda ketika perusahaan yang diincar menolak Anda. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghemat waktu menunggu menerima panggilan dari perusahaan terkait.

Saat baru lulus mungkin kamu akan merasa bingung dalam menyusun kariermu. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan beberapa tips karier fresh graduate di atas. Coba juga untuk daftarkan dirimu di situs talent marketplace.

Sumber

forbes.com

lifehack.org

disnakertrans.ntbprov.go.id

Leave a Comment