Apa itu Fresh Graduate? Inilah Keunggulan Fresh Gradute sehingga banyak dicari Perusahaan!

CurriculumVitae.id Banyak orang yang bertanya apa itu fresh graduate? Siapa saja yang termasuk fresh graduate?

Nah, pada artikel ini kita akan membahas secara tuntas mengenai apa itu fresh graduate serta mengapa perusahaan sering mencantumkan fresh graduate sebagai salahsatu syarat di lowongan kerja mereka.

Tentu bukan tanpa alasan karena perusahaan juga akan mempersiapkan proses rekrutmen dan seleksi untuk para calon karyawan mereka. Apalagi jika fresh graduate ini nantinya akan memegang posisi strategis di perusahaan mereka.

Apa Itu Fresh graduate
Wisuda Fresh Graduate

Apa itu Fresh Graduate?

Fresh Graduate berasal dari bahasa Inggris yaitu Fresh dan Graduate. Fresh bisa berarti baru, segar, atau belum berpengalaman. Sementara graduate bisa berarti lulus, lulusan atau tamatan sebuah institusi.

Dalam dunia kerja, Fresh Graduate adalah istilah yang digunakan untuk orang yang baru lulus sekolah atau kuliah serta belum memiliki pengalaman kerja. Kriteria Fresh Graduate bagi setiap perusahaan biasanya berbeda-beda. Namun jika kamu baru lulus dan memiliki pengalaman kerja di bawah 1 (satu) tahun biasanya kamu masih bisa dianggap sebagai Fresh Graduate.

Keunggulan Fresh Graduate

Ada banyak alasan mengapa perusahaan membuka lowongan untuk fresh graduate. Sebagai siswa / mahasiswa yang baru menyelesaikan masa studinya, tentu fresh graduate ini memiliki kelebihan dan kekurangan di mata manajeman perusahaan.

Adapun kelebihan dan keunggulan yang dimiliki fresh graduate adalah sebagai berikut:

1. Semangat Belajar Tinggi

Fresh graduate dinilai memiliki semangat belajar yang tinggi dalam bekerja. Hal ini karena para fresh graduate ini akan memasuki dunia kerja yang merupakan hal baru bagi mereka. Sehingga biasanya mereka akan lebih tertantang untuk belajar hal baru, memberikan kinerja terbaik bagi perusahaan, serta komitmen dan disiplin dalam bekerja.

2. Pendengar yang Baik

Pada masa awal bekerja, Fresh graduate ini biasanya akan mendapat mentor sekaligus atasan yang akan membimbing dan mengarahkan mereka dalam bekerja. Sebagai karyawan baru, fresh graduate biasanya akan lebih mudah menerima arahan dan masukan untuk pekerjaan mereka.
Selain itu, fresh graduate masih bisa diarahkan untuk menjalankan budaya kerja perusahaan yang baik, sehingga membentuk lingkungan kerja yang kondusif bagi karyawan lainnya.

3. Inovatif dan lebih Up to date

Fresh graduate biasanya merupakan lulusan baru dengan usia yang masih muda. Jika karyawan lama sudah larut dengan rutinitas kerja mereka sehari-hari, maka Fresh graduate ini bisa membawa ide-ide baru yang inovatif dan mungkin tidak terpikirkan oleh karyawan lama.

Selain itu di era digital seperti saat ini, fresh graduate yang merupakan generasi Millenial lebih up to date dengan kondisi kekinian. Informasi kekinian tersebut penting, apalagi bagi perusahaan yang pangsa pasarnya anak-anak muda yang banyak menyerap informasi dari sosial media.

Kekurangan Fresh Graduate

Selain berbagai keunggulan dan kelebihan yang telah disebutkan di atas, fresh graduate ini juga memiliki kekurangan dalam beberapa hal, misalnya pada hal berikut ini :

1. Tidak memiliki Pengalaman Kerja

Perusahaan memang membuka lowongan untuk karyawan fresh graduate namun untuk efektifitas tentu akan mengutamakan mereka yang berpengalaman dalam dunia kerja. Sebagai fresh graduate yang baru saja lulus maka, Anda bisa saja kalah saing dengan pelamar kerja yang lebih berpengalaman.

Untuk menambah pengalaman kerja sebaiknya waktu kuliah atau setelah lulus, segera cari pekerjaan yang relevan dengan jurusan kamu. Pengalaman kerja bisa juga didapat dengan cara magang atau menjadi freelance di sebuah perusahaan.

2. Tidak memiliki Skill dan Pengetahuan

Ketika melihat lowongan kerja, fresh graduate adakalanya hanya melihat kesesuaian jurusan dengan lowongan pekerjaan yang tersedia tanpa melihat kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Kurang telitinya membaca kualifikasi kerja dapat menyebabkan kegagalan bahkan sejak awal melamar pekerjaan.

Jika kamu merasa belum memiliki skill yang relevan dengan bidang yang kamu tekuni ataupun pengetahuannya masih minim terkait profesi yang kamu incar, maka sebaiknya belajar kembali agar kamu lebih siap dalam menghadapi persaingan kerja.

3. Kurang memiliki Etos Kerja

Aktivitas dunia kerja berbeda dengan aktivitas di bangku sekolah. Setiap orang bisa melamar kerja namun untuk mengambil tanggung jawab pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Fresh graduate biasanya akan memilih melamar di perusahaan yang bonafid karena adanya jenjang karir dan gaji yang lebih baik.

Namun karena pelamar kerja yang berminat ke perusahaan bonafid itu banyak, tentu persaingan dalam melamar pekerjaan pun semakin ketat. Bagi yang tidak diterima tentu akan segera melamar ke perusahaan alternatif yang bisa jadi kurang dia minati dibanding perusahaan bonafid tadi.

Ketika diterima di perusahaan alternatif ini, seharusnya fresh graduate bisa memberikan kinerja terbaik untuk perusahaanya. Sayangnya jika pekerjaan dan kompensasi di perusahaan tadi tidak sesuai ekspektasi yang diharapkan, biasanya akan berpengaruh pada etos kerja fresh graduate tersebut.

Banyak kasus fresh graduate yang mengundurkan diri sebelum kontrak berakhir ataupun resign tanpa pemberitahuan sehingga merugikan perusahaan. Di sinilah etika dan etos kerja sangat penting dilatih dimanapun mereka bekerja.

Peluang Karir dan Kerja Fresh graduate

Dengan banyaknya lowongan untuk fresh graduate, tentu peluang pekerjaan dan karir untuk fresh graduate ini sangat terbuka lebar di berbagai perusahaan. Jika kamu baru lulus dan berniat bekerja, sangat disarankan untuk segera melamar pekerjaan secepatnya, di perusahaan manapun yang relevan untuk menambah pengalaman kerja kamu.

Atau kamu masih bingung ingin melamar pekerjaan dimana?

Jangan khawatir, jika kamu memiliki semangat tinggi, rajin, disiplin dan profesional maka kamu bisa melamar untuk posisi pekerjaan yang dibuka untuk umum. Biasanya lowongan kerja posisi ini bisa diikuti oleh berbagai jurusan dengan persyaratan minimal jenjang pendidikan saja, misalnya minimal lulusan D3 atau lulusan S1.

Berikut merupakan peluang karir dan pekerjaan yang bisa kamu pilih sebagai seorang fresh graduate:

1. Management Trainee

Lowongan sebagai Management Trainee biasanya menjadi incaran para fresh graduate. Pasalnya saat diterima di management trainee, akan dibekali dengan berbagai macam pelatihan dan pekerjaan untuk mempersiapkan kamu memegang jabatan yang lebih tinggi suatu saat nanti ketika lulus masa pendidikan.

Selain Management Trainee, ada juga perusahaan yang menggunakan istilah Officer Development Program dan Management Development Program. Gaji Manajemen Trainee untuk fresh graduate berbeda-beda di setiap perusahaan, namun untuk perusahaan skala nasional bisa berkisar 4 sampai 9 juta rupiah. (Update Tahun 2020)

2. Account Executive

Lowongan favorit untuk Fresh graduate selanjutnya adalah menjadi Account Executive. Tugas seorang Account Executive adalah melakukan pendekatan dengan berbagai cara supaya dapat melakukan kerja sama dengan klien personal maupun klien perusahaan lainnya. Perusahaan besar banyak yang membuka lowongan untuk Account Officer terutama perusahaan yang berbasis layanan kepada konsumennya.

Keahlian yang dibutuhkan dalam menjadi seorang account executive yaitu pandai berkomunikasi, negosiasi, dan diplomasi. Jika kamu senang dengan tantangan dan berinteraksi dengan orang baru, maka pekerjaan ini bisa kamu coba.

3. Wartawan / Jurnalis

Menjadi jurnalis merupakan salahsatu pilihan bagi fresh graduate yang tertarik pada bidang komunikasi dan penulisan. Media saat ini tidak terbatas hanya media cetak, namun semakin berkembang dan banyak pilihan sejak adanya media online.

Berbagai perusahaan televisi dan media elektronik lainnya kini membutuhkan banyak jurnalis dan wartawan untuk mengisi konten siaran mereka. Lowongan tersebut banyak juga diperuntukkan untuk para fresh graduate.

Pekerjaan seorang jurnalis / wartawan memang banyak tantangan dengan deadline yang begitu ketat. Namun selama menjadi jurnalis / wartawan kamu bisa membangun koneksi serta relasi dengan banyak orang. Hal tersebut dapat kamu gunakan sebagai bekal untuk membangun karir kamu selanjutnya.

Gaji Fresh Graduate S1 dan D3

Selamat bagi fresh garaduate yang telah mendapatkan karir impiannya di perusahaan yang kamu dambakan. Pastikan kamu cari pekerjaan yang sesuai dengan pendidikanmu, supaya kamu lebih mudah untuk menjalankan pekerjaan tersebut. Semoga kamupun mendapat kompensasi gaji yang cukup sesuai yang kamu harapkan.

Bagi yang masih dalam proses melamar kerja tidak perlu bersedih, karena perjalanan kamu masih panjang. Jika nantinya kamu lulus tahapan seleksi dan akan diterima bekerja mungkin kamu perlu mengetahui dulu berapa gaji yang perusahaan tawarkan.

Bertanya mengenai gaji awal kamu sebagai fresh graduate bukanlah hal yang tabu, apalagi jika kamu lulus semua tahapan seleksi dan diundang wawancara oleh perusahaan. Perusahaan biasanya yang akan mengundang wawancara secara khusus dan memberikan penawaran gaji yang bisa diberikan perusahaan.

Biasanya gaji awal untuk fresh graduate mengacu pada standar gaji kota / kabupaten tempat domisili perusahaan yang biasa disebut dengan Upah Minimum Regional (UMR). Misalnya UMR Kota Bandung, Jawa Barat pada tahun 2021 sekitar Rp3.742.276, maka estimasi gaji fresh graduate S1 dan D3 pada tahun tersebut minimal sekitar 3 – 3,7 juta.

Namun besaran gaji awal untuk fresh graduate ini biasanya berbeda-beda sesuai kebijakan perusahaan masing-masing. Apabila masa kontrak awal sudah habis dan kamu diangkat menjadi karyawan tetap, maka gaji yang kamu terima tentu akan disesuaikan kembali sesuai jabatan dan kinerja di perusahaan.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai apa itu Fresh Graduate, juga kelebihan serta kekurangan fresh graduate. Dengan banyaknya lowongan kerja perusahaan yang mencantumkan persyaratan Fresh Graduate, maka tidak heran para lulusan baru ini sangat semangat dalam mencari lowongan kerja.

Jika ada perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan kualifikasi fresh graduate, kemungkinan besar mereka akan langsung mengirim lamaran kerja ke perusahaan tersebut. Hal ini tentu mengakibatkan semakin banyak pelamar kerja, sementara kuota lowongan pekerjaannya terbatas.

Bila kamu seorang fresh graduate, jangan berkecil hati. Teruslah semangat dalam menjemput karir yang kamu impikan. Apabila kamu masih kuliah, maka segera tambah pengalaman kerja dengan mengikuti magang maupun membuat portofolio kamu sendiri. Supaya bisa memberikan nilai tambah dan dilirik oleh perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.

Bagaimana sudah siap melamar kerja?

Leave a Comment