Apa Itu Curriculum Vitae (CV) / Daftar Riwayat Hidup/ Resume?

Surat lamaran kerja masih menjadi syarat utama melamar sebuah pekerjaan. Para staf atau kepala Human Resources Development (HRD) akan melihat prospek diri Anda dari surat lamaran tersebut. Lampiran CV menjadi hal utama yang menjadi perhatian sehingga Anda harus membuat resume sebaik mungkin. Jangan sampai kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan gagal hanya karena CV tidak lengkap. Sebelum Anda menuliskan CV manual atau menggunakan tools desain CV lebih menarik, pelajari dulu ulasan berikut!

Apa saja yang perlu dicantumkan dalam CV?

Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu dokumen yang harus dilampirkan pada surat lamaran kerja. CV merupakan dokumen wajib yang biasanya berisi informasi detail mengenai diri pelamar. Tidak ada batasan yang menetapkan seberapa panjang sebuah CV yang harus Anda buat. Umumnya, CV berisi data diri yaitu nama lengkap, alamat, tanggal dan tempat lahir, latar belakang pendidikan dan pengalaman bekerja. Dokumen tambahan bisa saja dilampirkan sebagai kesan pertama yang lebih meyakinkan.

Agar seleksi awal penerimaan karyawan atau penerima beasiswa bisa menempatkan Anda sebagai kandidat terbaik, sebaiknya Anda juga tahu bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang baik. Berikut beberapa detail hal yang harus Anda cantumkan dalam Curriculum Vitae (CV).

a. Data Pribadi

Data pribadi harus berisi informasi lengkap mengenai diri Anda baik nama lengkap, tanggal dan tempat lahir, alamat lengkap, nomor telepon, alamat email dan data tambahan lain seperti kewarganegaraan, agama dan bidang pekerjaan yang dikuasai.

b. Riwayat Pendidikan

Hal yang tak kalah penting dan wajib dicantumkan dalam Curriculum Vitae (CV) adalah riwayat pendidikan yang pernah Anda tempuh. Anda bisa mencantumkan nama sekolah atau universitas tempat mengenyam pendidikan tinggi. Gelar yang Anda raih bisa saja mempengaruhi prospek penerimaan Anda sebagai karyawan baru sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

c. Pengalaman Bekerja

Divisi Human Resources Development jelas lebih memprioritaskan orang yang memiliki pengalaman atau kemampuan bekerja. Pengalaman bekerja di bidang yang sama tentu menjadi nilai tersendiri. Pengalaman magang, mengikuti kegiatan atau seminar tertentu bisa juga Anda cantumkan dalam resume. Pengalaman mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan terkait bisa menjadi keunggulan untuk Anda yang baru lulus kuliah atau fresh graduate.

d. Keterangan tambahan

Anda juga bisa melampirkan kemampuan yang benar-benar dikuasai lewat dokumen keterampilan. Mungkin keahlian yang Anda miliki bisa mendukung keterampilan bekerja. Misalnya Anda memiliki kemampuan menguasai bahasa asing, ahli fotografi dan lain-lain. Semakin Anda memiliki keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan bisa memperkuat prospek penerimaan karyawan atau pengajuan beasiswa yang Anda ajukan.

Dalam menyusun sebuah CV, Anda harus menggunakan bahasa yang singkat, padat dan informatif. Kesalahan yang membuat resume Anda ditolak banyak perusahaan atau yayasan adalah membuat CV terlalu kreatif. Memberikan kesan berbeda dibandingkan pelamar lain memang bagus tapi membuat bentuk visual tampilan yang terlalu banyak warna bisa membuat nama Anda langsung tercoret dari daftar.

Gunakan format tulisan baik font atau tampilan yang profesional saja. Periksa pula typo tulisan, penggunaan bahasa yang tidak sesuai Ejaan Bahasa Indonesia atau grammar yang berantakan jika perekrut menuntut kemahiran berbahasa Inggris dan lain-lain. Ada baiknya cek kembali ketepatan penulisan Anda agar CV bisa diterima. Bisa pula berkonsultasi dengan teman atau orang yang berpengalaman untuk mengecek kembali penulisan daftar riwayat hidup.

Cara Menulis CV / Daftar Riwayat Hidup yang baik dan benar

                Penulisan daftar riwayat hidup harus dipersiapkan sebaik mungkin agar Anda bisa memberikan kesan pertama yang baik sebelum masuk tahap wawancara. Jika Anda masih bingung terkait penulisan CV yang bermutu, berikut rekomendasi contoh CV yang benar untuk fresh graduate.

Daftar Riwayat Hidup

Nama                                                  : Diana Sakura Hatake

Tempat dan tanggal lahir          : Ponorogo, 28 Maret 1992

Alamat                                               : Jalan Pilangsari 12, Purbosuman, Ponorogo, Jawa Timur 63400

Jenis Kelamin                                  : Perempuan

Agama                                                                : Islam

Kewarganegaraan                         : Indonesia

Status Pernikahan                        : Belum Menikah

Alamat email                                  : di_anahatake28@gmail.com

Nomor telepon                               : 081234556789

Pendidikan Formal

  • Tahun 2000-2006 SDN 01 Ngadisanan
  • Tahun 2006-2009 SMPN 01 Ponorogo
  • Tahun 2009-2012 SMAN 02 Ponorogo
  • 2012-2016 Universitas Negeri Yogyakarta Jurusan Manajemen IPK 3,40

Pendidikan non formal

  • Tahun 2014 English Course EF
  • Tahun 2015 Seminar Kewirausahaan
  • Tahun 2016 Pelatihan Manajemen Pemasaran

Pengalaman Organisasi

  • Bendahara Osis SMAN 2 Ponorogo periode 2010-2011
  • Wakil Ketua BEM UNY periode  2014-2015

Keahlian khusus

  • Mampu berbahasa Inggris secara lancar baik tulisan atau lisan
  • Mampu mengoperasikan komputer (Microsoft office, myob accounting dan CoralDraw)

Demikian daftar riwayat hidup saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat Saya

Diana Sakura Hatake

Contoh pembuatan Curriculum Vitae untuk Anda yang baru lulus sekolah atau kuliah bisa mencoba daftar di atas. Jika Anda memang pernah bekerja, bisa menambahkan keterangan pada bagian selanjutnya. Referensi kerja berupa surat keterangan kerja dari pihak sebelumnya atau referensi dari orang yang berpengaruh juga bisa memberikan nilai plus.

Jangan lupa untuk melampirkan pas foto sebagai syarat CV yang baik. Anda harus memperhatikan syarat surat lamaran yang ditentukan pihak perekrut misalnya pas foto yang digunakan harus berukuran 4×6. CV yang ringkas dan berisi informasi lengkap mengenai data diri pelamar bisa membuat bagian HRD mempertimbangkan penerimaan tahap selanjutnya atau tahap wawancara.

Nah, sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk masuk ke tahap berikutnya dengan membuat daftar riwayat hidup semenarik mungkin?

Manfaat CV / Daftar Riwayat Hidup dalam aktivitas sehari-hari

                Mencantumkan resume dalam pembuatan surat lamaran kerja tentu sangat direkomendasikan. CV yang Anda buat bisa berguna untuk melamar pekerjaan baru, mengajukan beasiswa pada pihak universitas atau yayasan dan kegunaan penting lain. Alasan mengapa CV harus dibuat semenarik mungkin adalah meningkatkan prospek penerimaan pengajuan Anda baik lamaran kerja atau beasiswa. Tak jarang banyak pula yang membaca ulasan CV terlebih dahulu sebelum membaca surat lamaran kerja.

                CV sangat penting sekali dibuat menarik, padat dan informatif sebab memiliki berbagai pertimbangan. Pembuatan daftar riwayat hidup yang profesional dan memperhatikan aturan bisa meningkatkan kesan pertama, memperlihatkan profesionalitas, mampu menarik perhatian dan menunjukkan keunikan dibandingkan pelamar lain, menjelaskan data diri secara singkat dan menonjolkan kemampuan atau keahlian yang kamu miliki.

                Menonjolkan kemampuan dan keahlian dalam Curriculum Vitae sangat penting agar pihak HRD memilih Anda dibandingkan pelamar lain. Tunjukkan semua keahlian yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan yang Anda inginkan secara jujur namun tidak berlebihan. Jangan sampai Anda menuliskan kelemahan sehingga prospek diterima bekerja jauh menurun. Menulis CV harus bagus agar tidak terlihat bertele-tele hingga pencari kerja malas menghubungi Anda lebih lanjut.                 Yuk, perhatikan berbagai hal penting dalam menuliskan CV yang baik agar Anda bida mendapatkan pekerjaan impian atau diterima di universitas favorit! Jangan sampai kamu melupakan detail hal kecil pada penulisan Curriculum Vitae hingga kehilangan kesempatan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *